7 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas ANTI “RUGI”

OTOSPEEDMAGZ.COM-Tips Mobil Bekas-Kendaraan roda empat kondisi bekas memang menjadi salah satu alternative bagi yang menginginkan mobil pribadi maupun keluarga dengan dana keuangan terbatas.Namun meskipun harga mobil bekas lebih murah,tentunya sobat harus mempunyai perhitungan yang matang alias tidak ceroboh yang akan merugikan dihari kemudian.

Memang saat ini dipasar mobil tahun 2021 sudah banyak sekali pilihan mobil bekas dengan kondisi terbaik serta rentang harga dari puluhan juta hingga ratusan juta.Untuk sobat yang menginginkan tinggal memilih dengan menyesuaikan budget kemampuan dana.Namun jangan salah,sobat juga perlu memahami ada banyak sekali tantangan saat akan membeli mobil bekas lho.

Meskipun harga mobil bekas bisa disesuaikan dengan budget dana,namun jika sobat terlalu terburu-buru dan tidak hati-hati justru akan berdampak buruk pada keaungan sobat kedepan.Pasalnya jika mendapatkan unit mobil dengan kondisi mempunyai banyak kerusakan tentunya akan memakan banyak dana hanya untuk perawatan saja.( Sumber foto : flickr.com )

tips-memilih-&-membeli-mobil-bekas

Berikut 7 Tips Memilih Mobil Bekas Dengan Tepat,Sehingga Terhindar Dari Kerugian Keuangan

Ada beberapa hal yang harus sobat cermati saat akan memilih dan membeli mobil dengan kondisi bekas.Tidak menutupi juga jika tepat dalam memilih,sobat akan mendapatkan unit mobil bekas dengan kondisi bagus dan banderol harga terjangkau alias murah yang siap digunakan sebagai kendaraan harian


1.Pilih Showroom Mobil Dengan Banyak Stock Unit

showroom-mobil-terbaik-&-lengkap

Sumber foto : pixabay.com

Jika sobat membeli mobil bekas bukan dari perorangan atau pemakian pribadi,maka hendakanya mencari dealer atau showroom mobil bekas yang mempunyai banyak stock unit mobil.

Dengan mendatangi dealer mobil bekas yang banyak pilihan,maka tentunya sobat akan lebih banyak tawaran dan pilihan unit mobil yang akan dibeli sesuai dana.

Tidak hanya bisa menyesuaikan dana saja,namun sobat tentunya akan lebih puas karena mempunyai banyak pilihan unit mobil bekas yang siap diboyong kerumah.


2.Cek Service Record ( Riwayat Servis ) Mobil

servis-mobil

Sumber foto : pixabay.com

Sebelum mengecek jauh mobil yang akan dibeli,sobat harus cek terlebih dahulu riwayat servis kendaraan tersebut.Apakah mobil yang akan dijual tersebut telah dilakukan perawatan secara berkala atau rutin oleh pemiliknya.

Biasanya akan ada nota bukti servis yang disimpan oleh pemiliknya,hal ini yang akan menjadi bukti jika kendaraan tersebut memang telah di rawat dengan baik.Hal ini juga harus diperhatikan,apakah servis tersebut dilakukan dibengkel resmi atau tidak.

Jika memang mobil tersebut diservis secara berkala,maka tentunya mobil bekas tersebut akan dalam kondisi prima dan layak untuk digunakan.


3.Hati-Hati Dengan Harga Murah

Memang dengan banderol harga mobil bekas yang lebih murah dibandingkan dipasaran menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu mobil bekas.Pasalnya memang harga murah menjadi tujuan utama untuk mendapatkan unit mobilnya.

Jangan tergiur dengan harga mobil lebih murah,tentunya nilai barang juga akan berdampak pada kondisi barang juga.Misalnya saja untuk harga mobil bekas Xenia keluaran tahun 2012 dipasaran rata-rata dibanderol Rp.90 juta hingga Rp.105 juta,jika sobat mendapatkan penawaran dibawah Rp.70 juta maka harus sobat cermati dan hati-hati.

Bisa jadi dengan harga yang lebih murah,kondisi mobil bekas tersebut sudah harus banyak perbaikan dan perawatan.Hal ini tentunya akan merugikan banyak keuangan sobat di hari kedepan.


4.Cermati Saat Cek Fisik & Mesin Mobil Bekas

nomor-mesin-&-rangka-mobil

Sumber foto : pixabay.com

Selain mengecek riwayat perawatan dan waspada dengan harga murah,selanjutnya sobat harus mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh.Pengecekan dilakukan meliputi fisik kendaraan hingga mesinnya.

Sobat harus periksa dengan cermat jika kondisi jok mobil,audio,dashboard,sabuk pengaman,hingga lampu hazard dan rem tanga bisa berfungsi dengan baik.Jangan lupa teliti semua bagian mesin dan bodi mobil apakah masih asli atau tidak,kaca mobil masih baik dan utuh atau tidak,serta bagian-bagian lainya.

Pengecekan tersebut bisa dijadikan sobat acuan untuk memberikan harga saat melakukan negoisasi sebelum membeli mobil bekas impian.Selain hal tersebut,lakukan juga TEST DRIVE kendaraan terlebih dahulu untuk bahan pertimbangan dan keputusan membeli unitnya.


BACA JUGA : 7 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga & Cara Mengatasinya


5.Surat-Surat Kendaraan Harus Lengkap & Tertib

surat-stnk-mobil

Sumber foto : wikimedia.org

Tidak hanya bagian interior,eksterior hingga mesin kendaraan yang penting untuk diteliti,namun surat-surat kendaraan juga sama pentingnya saat sobat akan melakukan pembelian mobil bekas.Jangan sampai sobat berurusan dengan petugas berwenang / kepolisian hanya karena kurang cermat saat membeli kendaraan.

Pengecekan surat-surat ini yakni dengan mencermati nomor rangka kendaraan dan juga nomo mesin,apakah nomor tersebut ( tertera di dokumen / surat mobil ) sesuai seperti pada STNK & BPKB.

Tidak hanya itu saja,perhatikan juga apakah surat STNK sudah kadaluarsa atau hanya berjarak pendek untuk dilakukan perpanjangan masa berlaku berikutnya.Jangan sampai sobat mengalmi kerugian yang lebih saat membeli mobil bekas karena dokumen bermasalah atau tidak tertib pajak kendaraan.


6.Pendapat Ahli Mesin / Mekanik Sangat Berharga

Jika dari point pertama hingga ke-empat sobat masih ragu dan tidak percaya diri untuk dilakukan sendiri,maka sebaiknya sobat menggunakan jasa atau mekanik ahli mobil.Hal ini tentunya akan meminimalisir kerugian dan penipuan saat sobat membeli mobil bekas.

Dengan membawa orang yang berkompenten dibidang otomotif khususnya mobil,maka sobat akan lebih mantap saat akan mengambil keputusan baik secara kondisi mobil hingga melakukan negoisasi harga.


7.Daftarkan Ke Asuransi Mobil

asuransi-kendaraan-mobil-tlo

Sumber foto : pixabay.com

Setelah mendapatakan unit mobil bekas sesuai dengan dana dan keinginan,maka sebaiknya sobat mendaftarkan mobil tersebut ke jasa asuransi kendaraa.Hal ini untuk memberikan perlindungan ke unit mobil agar kedepan bisa menghindari resiko-resiko buruk yang kemungkinan bisa terjadi.

Pilihlah tipe jenis all risk dan juga total lost only (TLO) sesuai kemampuan dan kebutuhan sobat.Hal ini akan mampu menanggung dari resiko seperti lecet bodi,kecelakaan,hinggdan hilangnya kendaraan sesuai dengan syarat dan peraturan yang berlaku.


BACA JUGA : 4 Pilihan Kamera Mobil Terbaik & Rekomended Harga 500 ribu Hingga 1 juta


Membeli sebuah kendaraan bisa dikatakan salah satu pengeluaran keuangan yang cukup besar dari kebanyakan orang.Maka sobat semua harus selalu berhati-hati dan cermat saat akan membeli mobil terutama kondisi bekas sebelum melakukan transaksi pembelian.

Jangan terlalu terburu-buru dan harus mempunyai banyak pertimbangan dari segala kekurangan mobil bekas yang akan dibeli.Jika tidak ahli tentang mobil,maka sebaiknya bawa mekanik professional/ahli atau bisa juga dengan membayar jasa pengecekan mobil saat melakukan pengecekan unitnya.Tidak kalah penting perhatikan tentang kelengkapan dan keabsahan semua dokumen kendaraan.

Sekian tips kali ini,semoga pembahasan mengenai tips-tips diatas bisa bermanfaat dan bisa dijadika bahan pertimbagan saat membeli mobil bekas,terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas ANTI “RUGI”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel