Makin Canggih.!! 8 Keunggulan Transmisi D-CVT Toyota Raize & Daihatsu Rocky Dibanding CVT Konvensional

OTOSPEEDMAGZ.COM-Keunggulan Transmisi DCVT-Teknologi dalam bidang otomotif memang telah berkembang pesat,seperti halnya pada penggunaan sistem transmisi kendaraan.Dahulu mobil masih menggunakan transmisi manual dan kini sudah menggunakan otomotis.Transmisi Automatic sekarang juga hadir dengan membawa banyak teknologi yang siap memanjakan saat driver berkendara.

Keunggulan-Transmisi-D-CVT-Daihatsu Rocky-Toyota Raize-2021

8 Keunggulan Transmisi D-CVT ( transmisi CVT mode ganda terbaru ) Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 2021 Dibanding CVT Konvensional 


Salah satu mobil terbaru 2021 yang menggunakan teknologi transmisi terbaru yakni Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 2021.Transmisi D-CVT yang dipakai kedua mobil ini memang bukan CVT biasa karena diklaim anti lemot dan lebih baik dari transmisi sebelumnya.

Keunggulan transmisi dengan teknologi D-CVT ini telah diaplikasikan pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 2021 dengan sederet keunggulan.Tentunya akan semakin menambah persaingan dipasar mobil baru 2021 kedepan,karena semakin banyak penawaran mobil-mobil baru dengan berbekal teknologi canggih,aman dan nyaman.


8 Keunggulan Sistem Transmisi D-CVT  Dibandingkan CVT Konvensional


1.Perpaduan Rantai Baja & Sabuk Belt

Penggunaan perpaduan rantai baja dan juga planetary gear set inilah yang menjadikan D-CVT mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan transmisi sebelumnya.Pasalnya untuk sistem transmisi CVT teknologi lama masih menggunakan sabuk belt saja atau hanya menggunakan rantai baja saja.


2. Transmisi D-CVT   Menggunakan Planetray Gear Set

Dengan adanya Planetray gear set yang akan melengkapi kinerja rantai baja & sabuk ( belt ) pada transmisi D-CVT,maka respon transmisi akan lebih baik.


3.Saat Kecepatan Rendah Transmisi D-CVT Menggunakan Belt Untuk  Menunjang Pergerakan

Memang untuk D-CVT pada dasarnya masih mengusung model lama yakni dengan adanya sabuk ( belt ) untuk pengaturan pergerakan laju hingga saat akan memulai ataupun berhenti kendaraan.


4.Pada Kecepatan Tinggi D-CVT Menggunakan Planetary Gear 

Jika saat kecepatan rendah D-CVT menggunakan belt,maka saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi maka sistem transmisi D-CVT  akan mengaktifkan kopling untuk mengalihkan tenaga ke planetary gear set.Sehingga besar torsi kendaraan akan dikeluarkan langsung sesuai kebutuhan tenaga yang dibutuhkan kendaraan.


5. Planetary Gear Berfungsi Saat Kecepatan Tinggi

Jika dilihat mekanisme dari transmisi D-CVT yang dipasangkan pada mobil baru Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 2021 memang berbeda dengan Direct Shift CVT,karena planetary gear baru ini akan berfungsi saat mobil melaju pada kecepatan tinggi bukan pada saat start & stop mesin kendaraan.


6.Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit

Dari informasi beberapa sumber jika mobil yang menggunakan transmisi D-CVT ( seperti Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 2021 ) mempunyai konsumsi BBM yang lebih irit / efisien.Hanya dengan bahan bakar bensin 5.29 liter,mobil mampu menempuh jarak +- 100 KM atau setara dengan 18 KM / liter-nya.


BACA JUGA : SUV Murah & Keren 2021.!! : Harga TOYOTA RAIZE 2021 Indonesia



7.Pengurangan Bahan Karet

Dengan menggunakan teknologi terbaru pada transmisi D-CVT,maka pabrikan mampu mengurangi penggunaan bahan karet pada produksi mobil khususnya pada bagian transmisinya.


8. Torsi Transmisi D-CVT Mencapai 150Nm

Selain 7 keunggulan diatas, Transmisi D-CVT juga masih mempunyai kelebihan yang tidak kalah menariknya yakni mampu menawarkan batas torsi mesin yang cukup besar. Transmisi D-CVT pada Daihatsu Rocky 2021 mempunyai batas torsi maximal hingga 150 Nm ( versi pasar Jepang ).

Pasalnya untuk mesin Daihatsu Rocky dan juga Toyota Raize 2021 menawarkan keluaran torsi mesin sebesar 140 Nm,tentunya kemampuan akselerasi mobil masih bisa ditingkatkan lagi asalkan jangan melebihi batas max agar CVT tetap awet dan aman.



Tipe Transmisi Daihatsu Rocky 2021 Untuk Indonesia

Jika Daihatsu Rocky atau Toyota Raize dipasar Malaysia  hanya ditawarkan D-CVT saja,namun berbeda dengan pasar mobil Indonesia.Dikabarkan jika untuk pasar lokal Indonesia akan ada transmisi manual 6 percepatan dan D-CVT juga.

Mungkin hal ini juga untuk memenuhi kebutuhan tipe transmisi kendaraan model Indonesia yang masih banyak menyukai transmisi Manual.Hal ini karena sensasi berkendara dengan perpindahan gigi dengan injak kopling masih banyak digemari konsumen mobil Indonesia.

Begitu juga dengan kapasitas mesin dari Daihatsu Rocky & Toyota Raize 2021 Indonesia yang juga menawarkan 2 pilihan mesin berbeda salah satunya yakni 1.2L naturally-aspirated   dengan keluaran tenaganya hingga 88 PS dan Torsi 108 Nm.Tentunya hal ini menjadi keuntungan sendiri konsumen di pasar mobil Indonesia.


BACA JUGA : Mau Beli Mobil Baru?,Simak Perbedaan Antara Transmisi CVT dan Konvensional


Daihatsu Rocky & Toyota Raize sebagai mobil keluaran 2021 memang digadang-gadang menjadi duet panas di ajang mobil Indonesia untuk segmen SUV Compact.Selain mempunyai spesifikasi mesin yang baik,kedua mobil ini juga telah mengusung sistem trasnmisi dengan teknologi terbaru.Maka jangan heran jika performa dan tingkat efisiensi kedua mobil ini akan begitu baik yang siap bersaing sengit dengan mobil-mobil baru 2021 di Indoensia.

Belum ada Komentar untuk "Makin Canggih.!! 8 Keunggulan Transmisi D-CVT Toyota Raize & Daihatsu Rocky Dibanding CVT Konvensional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel