Cara Mudah & Praktis Merawat Mesin Turbo Mobil,No.2 Biasanya Disepelekan

OTOSPEEDMAGZ.COM-Cara Merawat Mesin Turbo-Mobil dengan mesin turbo diprediksi bakal mengalami kenaikan untuk jumlah peredaranya ditahun 2021 kedepan.Hal ini tentunya juga ditengarai dengan datangnya mobil baru Raize-Rocky 2021 yang juga mengusung mesin berkapasitas 1L plus Turbochanger.Pasalnya dengan mesin baru ini diklaim mampu meningkatkan performa mobil dan juga meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

cara-merawat-mesin-turbo-mobil-toyota-honda-suzuki-nissan-daihatsu-terbaru

Cara Mudah & Praktis Merawat Mesin Turbo Mobil Agar Performa Tetap Terjaga


Jika dahulu mobil menggunakan teknologi Turbochanger pada mesin untuk meningkatkan tenaga yang lebih tinggi dan lebih terlihat sporty.Namun untuk jaman sekarang era 2021,penggunaan mesin plus Turbochanger lebih untuk meningkatkan efisiensi / konsumsi bahan bakar yang lebih irit.Maka tidak heran jika Turbochanger selalu dikombinasikan dengan mesin berkapasitas kecil.

Hal ini tampak pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 2021 telah dibekali dengan mesin 1.000 cc + Turbochanger,tenaganya akan setara dengan mobil berkapasitas 1.200 cc Non Turbo.Dengan hanya sedikit tekanan pada pedal gas,maka mobil sudah mampu berakselerasi dengan baik.

Namun sobat juga perlu diingat,untuk perawatan mesin mobil dengan Turbochanger tentunya akan berbeda dengan mesin Non Turbo.Ada beberapa bagian dan perlakuan khusus untuk menjaga Turbo mobil agar selalu dalam kondisi prima.Lalu apa saja yang harus diperhatikan?,simak tips berikut ini.


Berikut Cara Mudah & Praktis Merawat Mesin + Turbochanger Pada Mobil Kesayangan


1.Jangan Asal Start & Stop Mesin

start-stop-engine-mobil

Start/Stop Engine Button

Sumber foto : wikimedia.org

Yang pertama harus sobat perhatikan yakni berhati-hati saat akan menghidupkan dan juga mematikan mesin kendaraan.Jangan menyalakan Turbo mesin jika suhu mesin mobil masih dibawah suhu normal.Sebaiknya tunggu hingga suhu mesin hingga benar-benar optimal,agar Turbo juga bisa berkerja dengan maximal.

Caranya yakni dengan memanaskan mesin kendaraan terlebih dahulu,kemudian jalankan mobil secara perlahan terlebih dahulu.

Kemudian jangan langsung mematikan mesin kendaraan saat mobil setelah digunakan untuk perjalanan.Tunggu hingga putaran mesin / RPM turbin sudah mulai menurun ( +- 2 menit-an ),setelah RPM turun baru bisa mematikan mesin kendaraan.Pasalnya mesin Turbo membutuhkan proses untuk menurukan suhu sebelum mesin mobil dimatikan.


2.Memperlambat Laju Mobil Setelah Digunakan Dengan Kecepatan Tinggi

mobil-turbo-melaju-cepat

Mobil Berkecepatan Tinggi

Sumber foto : pixabay.com

Jika mobil setelah digunakan untuk jarak jauh atau melaju dengan kecepatan tinggi maka akan terjadi penumpukan panas pada ruang mesin.Jika mobil langsung berhenti maka tidak akan lagi ada aliran udara diruang mesin,hal ini juga mempersulit Turbo mesin untuk beradaptasi.Jika terlalu sering terjadi hal ini akan memperpendek usia dari Turbo mesin tersebut.

Jadi jika mobil setelah menempuh jarak jauh dan berkecepatan tinggi,maka sebelum berhenti sebaiknya memperlambat laju kendaraan sebelum akhirnya memakirkan kendaraan.


3.Pakai Bahan Bakar Berkualitas

bensin-oktan-tinggi-pertamina-pertamax-dex

Bahan Bakar Berkualitas / Oktan Tinggi Sesuai Rekomendasi Pabrik

Sumber foto : wikimedia.org 

Dengan memperhatikan asupan bahan bakar pada mobil yakni dengan memilih BBM berkualitas,maka sobat secara tidak langsung juga telah menyanyangi dan menjaga mesin kendaraan.

Maka isilah tangki BBM mobil dengan kualitas oktan yang baik sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil tersebut.Setiap mobil yang telah dipasarkan pastinya dari produsen telah menginformasikan berapa oktan BBM yang tepat untuk produk mobilnya.

Kompresi mesin Turbo biasanya mempunyai nilai yang lebih tinggi.Mesin Turbo berbahan bensin kebanyakan direkomendasikan menggunakan BBM ber-oktan Min 92 ( missal : Pertamax Pertamina ).Sedangkan untuk mesin jenis Diesel plus Turbo direkomendasikan beroktan Min 53 ( seperti Pertamina Dex ).

Dengan penggunaan jenis BBM beroktan sesuai dengan rekomendasi,maka proses pembakaran didapur pacu mobil akan lebih sempurna yang akan mengurangi tingkat gas buang ( yang dapat menempel pada turbin mesin ) yang akan menghambat udara yang dipompa.


BACA JUGA : Cara Merawat Mesin Mobil Agar Performa Mobil Tetap Stabil


4.Gunakan Oli Berkualitas & Ganti Berkala

servis-ganti-oli-mesin-mobil-berkualitas

Ganti Oli Mesin Mobil

Sumber foto : pxhere.com

Tidak hanya memperhatikan jenis oktan BBM saja,namun kualitas oli mesin juga harus diperhatikan.Pastikan selalu menggunakan merk oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.Oli untuk mesin Turbo biasanya mempunyai tingkat pelumasan dan pendinginan mesin yang lebih baik.

Gantilah oli mesin Turbo sesuai dengan batas penggunaan,jangan sampai telat saat akan melakukan penggantian oli mesin.Biasanya penggantian tidak lebih dari 10.000 Km atau jika dihitung secara  bulan yakni berkisar 6 bulan ( mana-mana yang lebih dicapai terlebih dahulu).

Hal ini untuk menjaga semua komponen mesin turbo mobil bisa berjalan dengan maximal,sehingga performa mobil tetap terjaga dan prima.


5.Jaga Filter Udara

merawat-filter-udara-mobil-turbo

Filter Udara Mobil Turbo

Sumber foto : pxhere.com

Jagalah komponen Filter kendaraan selalu dalam keadaan bersih.Hal ini sesuai dengan salah satu fungsi Turbo pada mesin yakni memasok udara sebaik mungkin ke ruang bakar sehingga pembakaran berlangsung lancar dan optimal.

Filter udara ini tidak hanya menyedot udara dari dalam mesin saja,namun juga udara dari luar mesin mobil.Sehingga dibutuhkan filter udara yang bersih agar debu atau kotoran tidak menupuk.


BACA JUGA : 6 Langkah Cara Merawat Serta Optimalkan Kerja AC Mobil Dengan Dikerjakan Sendiri


6.Perhatikan Anjuran Buku Manual Kendaraan

buku-manual-pemilik-kendaraan-roda-empat-mobil

Buku Manual Pemilik Kendaraan

Sumber foto : wikimedia.org

Jika sobat baru saja membeli mobil baru tentunya juga akan disertakan buku panduannya.Tentunya sebaiknya buku Manual ini dibaca dengan sebaik dan secermat mungkin sebelum sobat menggunakan kendaraannya.

Buku Manual Pemilik Kendaraan ini menyajikan informasi yang penting dari garansi mobil,keselamatan kendaraan,indentifikasi masalah mobil,intruksi & instalasi,pengaturan,spesifikasi kendaraan hingga intruksi untuk perawatan dan pemecahan jika ada masalah.

Dengan membaca buku panduan ini maka sobat akan mengetahui besaran Oktan BBM yang direkomendasikan untuk mobil tersebut.Spesifikasi dan jenis oli,takaran oli,hingga tekanan ban yang baik.Tidak hanya itu saja,waktu berkala untuk perawatan mesin kendaraan yang harus sobat ketahui dan sebaiknya dijalankan selama menggunakan mobil itu.


BACA JUGA : 7 Tips Mudah Pengecekan Untuk Merawat Mobil Bagi Pemula


Sekian beberapa ulasan tentang cara yang mudah,praktis dan mudah dipahami untuk merawat mesin mobil yang sudah Turbochanger.Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat & terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah & Praktis Merawat Mesin Turbo Mobil,No.2 Biasanya Disepelekan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel