Berapa Kisaran Biaya Mobil Turun Mesin?

OTOSPEEDMAGZ.COM – Jika artikel sebelumnya kita sudah membahas cirri-ciri dan penyebab mobil turun mesin,maka kali ini kita akan berbagi informasi berapa kisaran untuk biaya-nya.Mendengar kata-kata turun mesin khususnya kendaraan roda empat tentunya sudah terbayang budget dana yang tidak sedikit dong,maka selayaknya mobil harus kita rawat sebaik mungkin.

Dengan kita memahami cara merawat mobil yang benar baik dari segi mesin hingga eksteriornya,maka kendaraan akan lebih terasa nyaman dan aman saat kita kendarai.Bahkan kadang meskipun kita sudah teliti saat melakukan perawatan kadang bisa saja kita mendapati beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil turun mesin.

Lalu berapa kisaran dana untuk biaya mobil turun mesin?karena untuk setiap merk kendaraan akan mempunyai harga berbeda seperti mobil keluaran Jepang dan mobil Eropa.Bukan itu saja,harga turun mesin mobil juga dipengaruhi berapa banyak spare part / komponen kendaraan yang harus diganti.

Kali ini kita juga tidak hanya membahas berapa kisaran biaya mobil turun mesin,namun juga membahas kapan mobil harus turun mesin serta berapa lama pengerjaan untuk perbaikan turun mesin.Dengan adanya informasi ini maka setidaknya sobat otomotif Indonesia mempunyai bayangan atau referensi jika mobil kesayangan harus turun mesin.

biaya-turun-mesin-mobil

sumber foto : pixabay.com,edit by : otospeedmagz.com


Kapan mobil harus turun mesin?

Perbaikan mobil yang mengharuskan mesin kendaraan harus diturunkan ketika mesin mengalami kerusakan yang cukup berat dan sulit dideteksi.Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tanda-tanda,penyebab hingga langkah pencegahan agar mobil tidak turun mesin.

Pasalnya jika kendaraan yang telah mengalami kerusakan yang komplek dan tidak segera dilakukan turun mesin maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah hingga merambat ke komponen lainya.Jika kerusakan semakin menjalar maka bisa membuat performa mobil berkurang dan juga merusak bagian transmisi kendaraan.

Dari beberapa sumber,mobil turun mesin sebaiknya dilakukan setelah kilometer mobil sudah mencapai +- 150.000 KM ( tergantung pemakian dan jarak tempuh yang sering dilalui ).Namun ada juga yang menyampaikan jika jarak tempuh bukan menjadi patokan untuk mobil turun mesin tapi ada beberapa cirri-cirinya seperti :

  1. Oli mesin sering mengalami pengurangan secara drastic dan bisa cek menggunakan dipstick oil.
  2. Suhu mesin kendaraan mudah sekali panas atau overheat
  3. Knalpot mobil mengeluarkan asap putih
  4. Performa mesin mengalami penurunan drastic


Baca Juga : 9 Ciri & Penyebab Mobil Turun Mesin,Lalu Apa Langkah Pencegahanya?


Berapa lama untuk pengerjakan perbaikan jika mobil turun mesin?

Untuk patokan waktu pengerjakan turun mesin pada kendaraan tidak ada,karena memang tidak ada waktu yang sama saat proses turun mesin tergantung seberapa parah kerusakan dan ketersediaan spare part / komponen pengganti.

Namun biasanya untuk lama turun mesin mobil dikisaran 2 hingga 5 hari atau setidaknya bisa memakan waktu pengerjaan +- 1 minggu.Karena jika spare part sulit didapat maka akan menghambat dan menambah waktu perbaikan mesin mobil.

berapa-biaya-turun-mesin-mobil

sumber foto : pixabay.com

Berapa Besar Biaya Mobil Turun Mesin?,& Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Biayanya?.

Pertanyaan yang satu ini memang banyak sekali ditanyakan karena memang harus dipersiapkan dengan benar-benar matang sesuai dengan kondisi ekonomi keuangan.Karena memang untuk proses turun mesin akan memerlukan biaya jasa dan biaya penggantian spare part yang tidak sedikit.

Lalu hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi besaran biaya turun mesin pada kendaraan roda empat,berikut faktor-faktornya ;

1.Merk dan Jenis Mobil

Harga setiap komponen mobil akan berbeda tergantung dari brand merk produsen mobilnya,bahkan meskipun masih dalam satu merk produsen akan mempunyai harga komponen yang berbeda pula.Misalkan saja untuk harga komponen Toyota Avanza akan berbeda dengan harga komponen Toyota Yaris.

Begitu juga dengan harga spare part mobil Toyota akan berbeda dengan harga spare part mobil merk BMW,Hyundai,Audi dan Wuling.Semakin mewah mobilnya maka akan semakin mahal pula banderol harga setiap spare partnya.

2.Ongkos Jasa 

Ongkos jasa turun mesin setiap produsen merk mobil berbeda seperti Jepang dan Eropa.Kisaran biaya turun mesin mobil ber-merk Jepang seperti Toyota,Daihastu,Suzuki,dll dikisaran Rp 2 juta hingga Rp 5 juta ( belum termasuk biaya penggantian untuk menembus komponen pengganti ).

Sedangkan untuk ongkos jasa turun mesin mobil BMW tentunya akan lebih mahal,karena memang biasanya untuk mobil merk ini mempunyai tingkat kerumitan teknologi yang lebih.

3.Jenis Kerusakan pada Mobil

Kendaraan yang mengalami perbaikan untuk turun mesin tentunya mempunyai penyebab yang berbeda-beda dari karena terendam banjir,overheating,bisa juga karena oli yang habis atau bisa juga dikarenakan kecelakaan hingga membuat mesin pecah.

Hal inilah yang bisa membuat proses perbaikan semakin lama dan juga kemudahan saat akan melakukan penggantian spare part.Belum lagi dengan tingkat kerumitan teknologi yang dibenamkan pada kendaraan ,sehingga harus membuat montir semakin jeli dan teliti.

4.Harga Spare part Mobil

Selain dari ketiga faktor tadi,faktor ke-4 yang bisa mempengaruhi besaran biaya mobil turun mesin yakni harga sparepart pengganti.Semakin mewah mobil maka akan semakin mahal harga setiap komponennya.

Saat melakukan penggantian komponen pada mobil yang turun mesin maka sebaiknya menggunakan spare part original.Karena dengan kita memilih komponen mobil yang original maka kualitas bahan akan lebih terjamin.


Contoh Biaya Turun Mesin Pada Mobil Toyota Avanza Gen – 1 & Toyota Starlet ,serta Apa Saja Komponen Yang Harus diGanti.

1.Contoh Biaya Turun Mesin Toyota Starlet

Dari kutipan otomotif.kompas.com,jika untuk biaya turun mesin mobil Starlet menghabiskan dana hingga Rp 7,5 juta.Biaya ongkos pengerjaan dikenakan Rp 2,5 juta sedangkan untuk dana Rp 5 juta untuk penggantian komponen seperti bubut kruk as,oli mesin,filter oli,packing head,seal kruk as,dan masih banyak komponen lainya.

2.Contoh Biaya Turun Mesin Toyota Avanza gen-1

Sedangkan pada Toyota Avanza berbeda lagi saat dilakukan pengerjaan turun mesin,dengan rincian biaya sebagai berikut :

  • Ongkos jasa turun mesin : Rp 3 juta

Sedangkan untuk komponen yang diganti yakni :

  • Piston : Rp 1,8 juta
  • Packing Set : Rp 1,5 juta
  • Stang Piston : Rp 325 ribu
  • Ring Piston : Rp 450 ribu
  • Press Stang Piston : Rp 150 ribu
  • Engine Mounting : Rp 630 ribu
  • Biaya komponen lainya ( untuk oli mesin,filter oli,oli porseneling,oli garden,lem silicon ) : Rp 700 ribu

Jadi untuk biaya pengerjaan perbaikan mobil turun mesin Toyota Avanza totalnya : Rp 8.405.000,00


Sekian ulasan tentang berapa kisaran biaya perbaikan hingga turun mesin mobil ,mulai dari ongkos jasa hingga kisaran harga komponen yang biasa dilakukan penggantian.Maka sebelum mobil mengalami kerusakan yang lebih parah sebaiknya lakukan servis dan pengecekan secara berkala.

Biaya mobil turun mesin memang berbeda-beda dan dipengaruhi beberapa faktor,dan kisaran dana yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta rupiah.Saat melakukan turun mesin juga serahkan pada bengkel terpercaya dan gantilah komponen dengan merk original dengan kualitas yang tentunya lebih terjamin.Sekian untuk informasi kali ini ,semoga bisa bermanfaat buat sobat otomotif Indonesia semua.

Sumber referensi : otomotif.kompas.com,garasi.id,moladin.com & beberapa sumber tambahan lainya

Belum ada Komentar untuk "Berapa Kisaran Biaya Mobil Turun Mesin?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel