Tips Memilih Merk Sensor Parkir & Kamera Mundur Mobil Terbaik Berkualitas

OTOSPEEDMAGZ.COM – Tips Memilih Merk Sensor Parkir & Kamera Mundur Mobil Terbaik & Berkualitas - Salah satu fitur keselamatan yang banyak ditemui pada mobil-mobil jaman sekarang yakni sensor parkir atau sensor mundur.Dengan memasang sensor parkir tentunya pengendara akan lebih terbantu saat akan memarkirkan mobil dengan tepat khususnya untuk posisi belakang.Sensor parkir juga akan mengurangi resiko mobil menabrak saat dilakukan parkir.

Apa itu sensor parkir?,Sensor Parkir atau Sensor Mundur adalah sebuah perangkat elektronik yang pemasanganya ditempatkan pada sisi belakang mobil,sehingga pengendara akan mendapatkan sinyal bunyi sebagai indikator untuk menghentikan kendaraan sebelum sisi belakang & sisi yang tidak terlihat menabrak benda sekitar.Fitur ini sudah menjadi fitur standar setiap mobil keluaran terbaru dan biasanya dipasang pada bagian bemper belakang mobil.

Sekarang banyak sekali pilihan harga sensor parkir mobil terbaik mulai dari harga murah hingga termahalnya.Pasalnya dahulu hanya mobil-mobil mewah yang menggunakan fitur keselamatan ini dan sekarang sudah banyak sekali mobil yang dilengkapi dengan sensor ini,baik bawaan dari pabrikan atau bisa dipasang sendiri.

Fungsi sensor parkir adalah mencegah bagian mobil yang tidak terlihat ( khususnya bagian belakang ) agar tidak menabrak obyek di sekeliling mobil.Pada umumnya sensor parkir akan mulai berbunyi setelah jarak 1,5 meter dengan suara bunyi yang cukup cepat.Jika jarak mobil kurang dari 0,5 meter maka sensor parkir akan berbunyi tanpa putus karena jarak terdekat yakni 0,5 meter.

Tips Memilih Merk Sensor Parkir & Kamera Mobil Terbaik Berkualitas Sebagai Fitur Keselamatan / Keamanan Tambahan Saat Berkendara

Tips-Memilih-Merk-Sensor-Parkir-&-Kamera-Mobil-Terbaik-&-Berkualitas

Sumber foto : pixabay.com & shopee.co.id , edit by : otospeedmagz.com

Lalu bagaimana tips memilih sensor parkir serta kamera mundur mobil terbaik dan berkualitas,karena memang saat ini banyak sekali pilihan merk sensor parkir di pasaran.Maka jika mobil sobat belum ada sensor parkirnya dan berniat untuk memasang,ada baiknya sobat simak ulasan dibawah ini agar terhindar dari salah beli sensor parkir.


Tips Memilih Sensor Parkir Mobil Yang Berkualitas

Tips-Memilih-Merk-Sensor-Parkir-terbaik

Sumber foto : Toyota & Shopee.co.id , edit by : otospeedmagz.com


1.Perhatikan harga sensor parkir mobil

Sekarang ini banyak sensor parkir mobil yang ditawarkan dipasaran dan dibanderol sesuai dengan merk dan berapa jumlah sensornya.Perlu sobat perhatikan jika harga sensor parkir yang mempunyai kualitas yang baik biasanya di kisaran harga +- Rp 400 ribu ( sudah termasuk ongkos pemasangan ).

Semakin banyak sensor yang sobat pasang pada mobil maka akan semakin baik pula hasil keakuratan.Namun tentunya banderol harga juga akan mengikuti jumlah sensor yang dipasang.Maka jika harga sensor kurang dari Rp 350 ribu atau lebih murah maka sebaiknya sobat lebih berhati-hati.

Selain alat elektronik berupa sensor,sobat juga membutuhkan kamera parkir berkualitas agar hasil semakin mantap.Untuk banderol harga kamera parkir yang bagus biasanya dikisaran +- Rp 350 ribu ( sudah termasuk biaya pemasangan.

Maka jika sobat akan memasang sensor parkir dan kamera parkir sebaiknya diserahkan ke bengkel terpercaya agar terhindar dari unsur penipuan.Tidak hanya tertipu oleh harga namun juga terjaminya fungsi alat bisa berkerja dengan baik dan presisi.


2.Pilih produk merk sensor sesuai kebutuhan

Sensor parkir pada mobil secara umum ada 2 jenis yakni Ultrasonic Parking Sensor dan Electromagnetic Parking Sensor.Keduanya juga mempunyai banderol harga yang berbeda karena memang menggunakan teknologi yang berbeda dan terbaru pula.

Sensor parkir jenis Ultrasonic Parking Sensor adalah sensor parkir yang menggunakan teknologi gelombang ultrasonic yang dipasang pada sisi belakang mobil.Biasanya pemasangan sensor ini berjumlah 4 hingga 6 buah sensor,sehingga harga akan mengikuti berapa banyak sensor yang terpasang.

Sensor parkir jenis  Electromagnetic Parking Sensor adalah sensor dengan basis gelombang elektromagnetik yang diklaim lebih baik karena menggunakan teknologi terbaru sebagai fitur keamanan.Karena menggunakan teknologi terbaru tentunya harganya juga akan lebih mahal.

Maka sebelum sobat memasang sensor parkir tentukan dahulu budget dana dan lakukan riset mana yang lebih sobat butuhkan.Apakah cukup menggunakan sensor berteknologi lama atau lebih memilih sensor berteknologi baru namun dengan harga yang lebih mahal.


3. Pilih produk sensor dengan perawatan mudah & berkualitas

 Jika sudah menentukan merk kamera parkir dan jenis sensor parkir yang akan dipasang,maka selanjutnya sobat pertimbangkan akan kemudahan dalam perawatannya.Pasalnya sensor ataupun kamera parkir juga mempunyai resiko kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Sensor dan kamera parkir yang tidak terawat maka bisa membahayakan pengemudi khususnya saat memakirkan kendaraan.Rajinlah dan lakukan perawatan pada bagian sensor parkir dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sensor.

Kotoran atau debu yang menempel akan bisa mengurangi tingkat keakuratan atau mengurangi kinerja sensor saat membaca objek.Jika kotoran yang menempel tidak lekas dibersihkan maka akan sulit dihilangkan,berkerak hingga bisa merusak sensor.

Dengan memilih produk sensor parkir yang mudah dalam perawatan,maka jika terjadi kerusakan sobat akan bisa lebih mudah untuk memperbaiki atau menggantinya.Produk sensor yang berkualitas juga tidak akan mudah rusak,karena jika produk abal-abal / tidak berkualitas malah akan membahayakan pengendara.


Tips Merawat Sensor Parkir Mobil

Agar sensor parkir dapat bekerja secara maximal dan presisi maka peralatan ini harus di rawat dengan menjaga kebersihan sensor.Untuk cara perawatan cukup mudah yakni selalu membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sensor parkir yang rentan kotor.Karena debu dan kotoran yang menempel akan menggangu kinerja sensor dalam deteksi obyek.

Peralatan elektronik berupa sensor mobil ini memang tahan terhadap air namun untuk membersihkan disarankan agar tidak langsung menyemprotkan air dengan tekanan tinggi.Selain itu ,hindari benturan keras pada sensor parkir karena bisa merusak hardwear sensor.


BACA JUGA : Rekomendasi Shampo Sabun Cuci Motor Terbaik & Berkualitas 2021,Dari Harga Ter-Murah Hingga Mahal


Tips Memilih Kamera Mundur Terbaik & Berkualitas

Tips-Memilih-Merk-kamera-Parkir-terbaik

Sumber foto : pixabay.com & shopee.co.id,edit by : otospeedmagz.com

Untuk lebih mendukung kemudahan saat melakukan parkir di area sempit,selain menggunakan sensor parkir juga diperlukan sebuah kamera parkir agar dapat lebih valid dan mengetahui posisi bodi mobil yang lebih tepat.Oleh karenanya sobat juga perlu mengetahui bagaimana cara memilih kamera mundur yang baik dan berkualitas.


1.Pilih Tipe Kamera Mundur Dengan Tepat,Tipe Standar atau Tipe Wide Angle

Kamera Mundur mempunyai 2 tipe view saat ditampilkan dalam monitor yakni standard an wide angle.Keduanya mempunyai kelebihan dan kecocokan yang berbeda bagi setiap penggunanya.

Tipe Standar ( cocok buat pemula )

Kenapa kamera tipe ini cocok untuk pemula,karena memang mempunyai hasil tampilan belakang mobil yang sesuai suasana asli atau lebih tepat hampir mendekati gambaran obyek aslinya.Dengan menggunakan kamera tipe standar maka akan lebih memberikan kemudahan bagi pemula untuk mengetahui dan memperkirakan jarak kendaraan dengan benda sekitar yang berada di belakang mobil.

Kerena memang mempunyai hasil tampilan tidak seluas wide angle,maka sobat juga disarankan tidak mengandalkan kamera saja namun juga harus melihat langsung suasana disekitaran mobil.Atau sobat bisa menggunakan tipe wide angle yang bisa menampilkan suasana dimonitor lebih luas dan tentunya lebih aman.

Tipe Wide Angle ( tampilan di monitor terasa lebih luas dan tentunya semakin aman )

Kamera tipe ini memang beda dengan kamera standar karena memang telah dibekali dengan lensa wide-angle / fisheye.Dengan adanya lensa ini maka tampilan area sekitar di monitor akan lebih terlihat luas dengan sudut 170-180 derajat.

Kelebihan kamera tipe wide angel mampu merekam dan menampilkan cakupan area yang lebih luas agar blind spot dibelakang mobil lebih diminimalisir.Namun meskipun mampu menampilkan gambar yang lebih luas sobat tetap harus berhati-hati dan teliti dalam memperhitungkan jarak.Hal ini dikarenakan lensa Fish-Eye memberikan tampilan lebih melengkung pada sisi kiri dan sisi kanan.


2.Pilih Kamera dengan Infraread atau ber-Lampu Untuk Parkir di Malam Hari / Suasana Gelap

Jika sobat akan membeli kamera maka setidaknya sudah yang menggunakan lampu atau tambahan inframerah.Dengan adanya tambahan tersebut,maka alat akan memberikan tampilan dengan pencahayaan dan hasil pada monitor akan lebih jelas dan terang.Hal ini akan memudahkan sobat saat menempatkan kendaraan di area parkir yang minim cahaya / gelap.

Namun perlu diinggat ,untuk kamera yang menggunakan infraread akan mempunyai tampilan yang lebih kemerahan dan cahaya di area parkir masih bisa masuk kedalam tamppilan monitor.Maka kamera dengan infraread akan lebih tepat untuk suasana yang gelap atau tidak ada cahaya.

Namun jika area parkir masih mempunyai sedikit cahaya maka akan lebih tepat jika sobat memilih kamera parkir mobil yang menggunakan lampu.Keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kelemahan untuk setiap moment.


3.Pilih Kamera Dengan Gambar Berkualitas min 300.000 pixel

Apa jadinya jika sobat memasang kamera parkir namun mempunyai hasil tampilan yang kurang jelas karena pixel yang kecil.Tentunya hal ini akan menggangu dan merepotkan saat melakukan parkir,maka pilihlah kamera dengan kualitas gambar lebih dari 300.000 pixel.

Kamera dengan 300.000 pixel ini sudah cukup baik karena mampu menampilkan nomor pada pelat kendaraan yang berada di posisi dibelakang.Tidak hanya itu,tampilan di monitor juga akan semakin jelas sehingga sobat akan lebih tepat dalam memperkirkan jarak dan mengetahui benda di sekitar.

Dengan tampilan yang jelas baik di siang hari dan malam hari,maka keamanan saat berkendara akan lebih maximal.Maka jangan membeli kamera mundur yang tidak menampilkan informasi ukuran pixel.


Semoga tips memilih sensor parkir dan kamera parkir mobil diatas bisa bermanfaat dan membantu sobat otomotif dalam memilih produk yang tepat dan berkualitas.Jika ingin mendapatkan hasil dan barang terbaik maka belilah dan pasang di toko atau bengkel terpercaya serta berpengalaman.Pasalnya pemasangan fitur keselamatan ini akan sangat membantu jika produk yang dipilih terjamin serta dipasang dengan benar dan presisi.


Sumber referensi : bukalapak.com,merkbagus.id,my-best.id & beberapa sumber tambahan lain

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Merk Sensor Parkir & Kamera Mundur Mobil Terbaik Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel TEXT

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel